mio dan beat sangat laku dan gampang untuk dijadikan motor balap, enak buat roadrace dan juga drag bike atau bisa juga buat drag malam hari. oke saya akan bahas mesin mio dulu buat di bikin mesin road race kelas 150cc tune up. di awali dengan penggunaan piston 57.5mm yang bisa diaplikasi dari piston honda gl max os 100. klep 28/24 dengan per swedia untuk mencegah floating karena mesin di geber di atas 10.000rpm, karbu 28mm, roller 12g dipake cuma 3 biji aja kalo mau pake 6 biji pake yg 6g, per cvt 2000rpm. knalpot apa aja yg penting lehernya berdiameter dalamnya 24-26mm(gak boleh lebih)..
nah,,, onderdil yg di siapin sgitu aja dulu biar bisa irit biaya kalo masalah cdi gampang sama part pengapian dan yg laenya gampang bisa nyusul karena yg sangat berpengaruh cylinder head nya buat menciptakan karakter dan kecepatan mesin. ok sekarang kita mulai bahas modifikasi headnya ya… mulai dari porting kita bisa gedein di bagian seating klep sebesar 25.5mm sampe kanan kiri bosh klep bikin 27mm dengan bentuk lobang di area bosh gak membulat tapi aga gede ke samping, lanjut ke bibir porting yang ktemu intek bikin 24mm aja jangan ampe lebih karena mio butuh torsi yg menggila di rpm menengah ke atas. nah dengan bentuk dan diameter segitu porting bisa ngeluarin puncak torsi di kisaran 10.500rpm dan tenaga bisa didapat sampe batas mentog 12.000rpm itupun mesin udah teriak baget kaya mau meledak jebol. sekarang kita atur rasio kompresi sebisa mungkin di bikin 12.5:1 biar bisa pake pertamax plus dan juga pertamax biasa malah sah2 aja pake bensin premium juga kalo lg kpepet mah.. dengan rasio kompresi segitu kita bisa bikin NOKENAS cerdas yang sanggup memerintah mesin untuk ngeluarin torsi dan tenaga di rpm yg cukup tinggi buat ukuran matic, yaitu noken as yang berdurasi 270-275drajat dengan LSA 100-102.5drajat lift gak lebih dari 10mm. oya..,, kalo pengen bener2 detail saya coba kasih spek yg agak detail nih buat noken as 275 drajtnya. dengan itungan lift pada 1mm kem intake membuka di 35 sblum titik mati atas yang benar2 baru mulai membukanya di angka 65 sblum TMA. trus puncak lift berada di angka 90drjat saat proses hisap dan mulai turun kembali melewati TMB sampe nutup di 60drjt stelah TMB pada lift 1mm dan benar2 menutup di angka 90djt stlah TMB pada itungan lift 0 drjat untuk memulai proses kompresi. kalo di itung pake kalkulator RKD atau rasio kompresi dinamis kalo gak salah RKD nya ada di angka 7:1.. pokonya aman lah buat mesin rpm tinggi yang muter2 sirkuit dengan beberapa lap pake pertamax plus. oya buat kem ex nya di samain aja kaya di atas yang terpenting buat kem exhaust penghasil torsi adalah mengatur kapan benar2 mulai terbukanya klep ex seblum TMB. cara nya gampang untuk membuat kem ex dengan baik yaitu jangan sampe klep ex sudah mulai membuka beberapa derajat stelah TMA atau stelah proses langkah usaha terjadi. hal itu bisa membuang atau membunuh torsi pada mesin kita. ciri2 kem exhaust yang membuka cpat setelah tma suaranya mendem bulet gak keluar. torsinya lemot rpm nya gak bisa naik dan telat bgt deh. beda dengan kem exhaust yg kita tata dengan hati2 untuk menciptakan torsi besar hasilnya akan memuaskan kita. mesin cepet teriak torsi gila di rpm yg lebih tinggi dan suara knalpot yang berisik dengan volume yg tinggi berteriak kencang sehingga bikin mesin kita semakin beraura balap dan sadis di lintasan balap dan di jalan raya.. hahahaha.. oya untuk porting ex nya kalian riset sendiri aja ya karena porting ex juga sangat ber variasi dalam menciptakan karakter mesin. kegedean dikit aja kalo buat matic torsi bisa hilang dan tenaga sulit diraih. rahasia porting exhaust matik roadrace rumusnya yaitu 99%dari diameter klep ex. jangan di samain dengan mesin bebek atau matik FFA ya rumus port ex nya karena spec mesinya beda. buat bebek porting ex nya bisa di bikin 100 ampe 110% klep ex karena bebek rpmnya bisa di umpan dari gigi dan kopling untuk ngejar torsi, bgitu juga matic drag atau liaran bisa bikin port ex 110% dri klep ex untuk menghasilkan tenaga/dk yang besar karena mereka sudah aplikasi stroke panjang untuk kejar torsinya.
smoga tulisan ini bsa bermanfaat deh buat kalian semua pencinta modifikasi mesin balap. salam tarik gas brooo…….
perdanatech banten
mekaniknya baru belajar korek mesin yang ingin sharing dan meminta ilmu sama mekanik2 handal dan berpengalaman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar